Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

WISATA JAWA TENGAH 
( SEMARANG DAN SEKITARNYA )

Berikut ini adalah beberapa lokasi tempat wisata Semarang yang mempunyai daya unik.
Jika anda berpergian ke kota semarang dan menggunakan jasa rental mobil/sewa mobil aqilla rental mobil semarang, kami senantiasa mengantarkan Anda untuk menikmati tempat-tempat wisata di Semarang.

MASJID AGUNG JAWA TENGAH

Picture

Masjid Agung Jawa Tengah beserta fasilitas pendukungnya terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang.
Menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha dan mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang. Di samping bangunan masjid utama yang cukup besar dan menarik, juga dilengkapi fasilitas-fasilitas yang lain seperti :
museum, ruang kantor, ruang kursus dan pelatihan, ruang perpustakaan, ruang akad nikah dan auditorium. Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah mencatat sejarah perkembangan agama Islam di Jawa Tengah. Museum ini berada di lantai 2 dan 3 dari Tower Asmaul Husna di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah yang berada di Jalan Gajah Semarang. Artefak artefak seperti Iluminasi Al Qur’an, Wayang golek Menak, Wayang Sadat, Gayor Masjid Sunan Muria, Gamelan, Ornamen Dua Sisi, Ornamen Masjid.

GEREJA BLENDUK  & KOTA LAMA

Picture

Gereja yang dibangun pada 1753 ini merupakan salah satu landmark di “kota lama” Semarang. Kawasan Kota Lama cukup luas dan dipenuhi dengan gedung-gedung kuno khas arsitektur Belanda bergaya Eropa. Sehingga tidak mengherankan, kawasan ini dulu dinamakan Little Nederland. Berbeda dari bangunan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjolkan bentuk, gedung yang bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras. Bentuknya lebih menonjol . Lokasi bangunan ini frontal menghadap Jl. Suari yang dahulu bernama Kerk Straat (Jalan Gereja). Bangunan gereja yang sekarang merupakan bangunan setangkup dengan façade. Di dalam gereja masih tersimpan organ kuno dari tabung pipa-pipa baja, yang sudah berusia ratusan tahun lamanya.
Gereja Blenduk ini terletak ditengah-tengah bangunan kuno Kota lama Semarang yang mempunyai nilai sejarah tinggi sehingga di abadikan keberadaannya sampai sekarang ini. Jika anda berkunjung di Semarang dengan jasa Aqilla sewa mobil semarang, jangan lewatkan keunikan yang satu ini…silahkan anda menggunakan kemampuan terbaik anda membidik pemandanga bangunan-bangunan antik dan kuno ini.

LAWANG SEWU

Picture

Lokasi : Jl. Pemuda Semarang
Pemilik : Departemen Perhubungan : Perusahaan umum Kereta Api
Bangunan ini dijuluki Lawang Sewu ( pintu seribu ) karena memiliki banyak pintu disamping busur – busur yang mengesankan rongga, yang memenuhi facade bangunan ini. Komplek lawang Sewu terdiri atas dua massa bangunan utama. Di sebelah barat berbentuk “L” dengan berbagai ruangan dan tangga yang unik dan kuno. Sedangkan yang satunya, berupa ruangan luas, dengan pintu-pintu berjajar yang jumlahnya cukup banyak, sehingga di namai Lawang Sewu. Dibangun arsitek Karsten yang terkenal, di Jaman Belanda.
Bentuk bangunan yang aneh ini sekarang oleh pemerintah kota Semarang sering di perguankan untuk berbagai macam acara, sehingga momok menyeramkan yang selama ini melekat pada bangunan menjadi sirna.

TUGU MUDA

Picture

Sebuah tugu berbentuk lilin tegak di tengah persimpangan jl. sutomo, jl. pandanaran, jl. imam bonjol dan jl. soegiyopranoto. tugu ini dibangun sebagai monumen untuk mengenang heroisme perjuangan semarang dari tanggal 14-19 oktober 1945. peletakan batu pertama dilakukan oleh gubernur jawa tengah budiyono dan diresmikan oleh presiden RI yang pertama soekarno pada tanggal 20 mei 1953. berbentuk lilin dengan makna semangat yang ta kunjung padam bagi para pejuang yang mempertahankan kemerdekaan. pada kaki monumen terdapat relief yang menggambarkan kesengsaraan rakyat indonesia di jaman penjajahan jepang seperti relief pertempuran, relief penyerangan, relief korban dan relief kenangan.

KELENTENG SAM POO KONG

Picture

Kompleks Kelenteng Sam po Kong Gedung Batu terdiri atas sejumlah anjungan. Bangunan pemujaan utama ialah Kelenteng Besar dan gua Sam Po Kong, Kelenteng Tho Tee Kong : tempat – tempat pemujaan Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi dan mbah Kyai Tumpeng. Kelenteng Besar dan gua merupakan bangunan yang paling penting di antara semuanya , dan merupakan pusat seluruh kegiatan pemujaan di komplek tersebut. Terletak di Gedung Batu, Kelurahan Bongsari Semarang, sekarang dilengkapi dengan patung Laksamana Cheng Hoo, raksasa.

VIHARA WATU GONG

Picture

Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang, ditetapkan Museum Rekor Indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda yang memiliki tinggi 45 meter itu, dibangun tujuh tingkat. Menurut sejarahnya, vihara ini merupakan Vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit. Pada tahun 1955 YM Bhante Narada dan Bhante Ashin meresmikan vihara tersebut. Saat kedatangan YM Narada di Indonesia, beliau berkenan untuk membangun vihara tersebut.

PANTAI MARINA

Picture

Pantai Marina merupakan taman rekreasi yang murah meriah bagi warga Semarang. Kita bisa menghirup segarnya udara pantai dan memandang laut lepas. Setiap Minggu pagi Pantai Marina didatangi banyak pengunjung, rata rata datang bersama keluarga.
Lokasinya berada sebelah timur PRPP, masuk Kelurahan Tawangsari, Semarang Barat. Atau sebelah utara perumahan Royal Family, jika melihat patung elang cukup besar di bundaran, di belakangnya merupakan pintu masuknya.

UMBUL SIDO MUKTI

Picture

Kawasan wisata umbul Sidomukti merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang, berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Kawasan wisata ini dilengkapi fasilitas dan servis: Out bound Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, dan Meeting Room. Ada empat buah kolam yang bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Kalau hari libur, kawasan ini ramai pengunjug.

RAWA PENING

Picture

Rawa Pening adalah danau sekaligus tempat wisata air dengan luas 2.670 hektare yang menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Rawa Pening ini berada di cekungan terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran. Daya tarik yang ada di Rawa Pening: Wisata Tirta: dengan perahu tradisional, Penghasil enceng gondok sebagai bahan kerajinan, penghasil Lumpur Hitam yang diambil dari rawa tersebut dan dijadikan rabuk gambut. Merupakan area pemancingan alam, dan menyatu dengan obyek wisata Bukit Cinta.

Picture

Musium Kereta Api Ambarawa

Terletak di pusat Kota Ambarawa, Jl. Stasiun No. 1 Ambarawa. Berjarak sekitar 20 km dari Kota Ungaran. Museum Kereta Api yang merupakan satu-satunya museum KA peninggalan Belanda di Indonesia, dengan koleksi kereta api kunonya. Disamping  itu menyediakan paket wisata. Pengunjung dapat menumpang kereta api tenaga uap melalui rel bergerigi.

Sambil menikmati alam pedesaan dan pegunungan dari Stasiun Ambarawa menuju Stasiun Bedono. Tersedia juga kereta lori rute Ambarawa – Tuntang PP sepanjang 13 km. Tarifnya pun cukup murah, . Fasiltas yang tersedia : Tempat parkir yang luas, kios cenderamata, MCK.

Sejarah pendirian Stasiun Ambarawa ini berawal dari keinginan Raja Willem I untuk membangun stasiun kereta api guna memudahkan pengangkutan pasukan. Namun tahun 1970, stasiun ini ditutup. Akibatnya, jalur Semarang – Magelang – Yogyakarta menjadi mati. Tahun 1976, Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Rustam menjadikan Stasiun Ambarawa sebagai Museum Kereta Api. Meski kuno, gedung dan segala detail perlengkapannya masih terawat dengan baik. Suasana ini seolah membawa pengunjung ke masa kejayaan kereta api peninggalan Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij.


Picture

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedongsongo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi.
Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi Arti kata Gedongsongo adalah sembilan (kelompok) bangunan. Ada sembilan candi, yang berada di dataran tinggi, berpencar. Datang di sini, bisa menyewa kuda, sehingga tidak lelah waktu mengelilingi ke-sembilan candi tersebut, sampai ke puncak dataran yang paling tinggi, sambil naik kuda yang dituntun pemandunya. Namun banyak juga yang jalan kaki biasa. Dilengkapi berbagai fasilitas mandi air panas belerang, yang sangat baik untuk penyakit kulit. Juga dijual sate kelinci, bagi para pengunjung yang sudah sedang istirahat duduk lesehan di tikar yang disediakan.

Picture

Banaran

Merupakan obyek wisata yang terletak  di areal  perkebunan kopi Kebun Getas Afdeling Assinan pada ketinggian 480 – 600 m dpl, tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo  Km 35. Wisatawan dapat menikmati udara sejuk di perkebunan kopi dan menikmati sedapnya minum kopi “Banaran Coffee” Fasilitas yang tersedia: Tempat parkir, MCK, arena bermain anak-anak, mushola, lapangan tennis, coffee walkoutbond games, kolam renang, gazebo, taman buah, flying fox, gedung pertemuan. 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.